Senin, 29 September 2014

Cara AHOK Melepas Tanggung Jawab Sosial dan Menyingkirkan Masyarakat Miskin Jakarta

Ahok Ancam Penjarakan Pengemis di Jakarta

Senin, 29 September 2014 11:48 wib | Angkasa Yudhistira - Okezone
 Ahok Ancam Penjarakan Pengemis di Jakarta
Ahok Ancam Penjarakan Pengemis di Jakarta (Foto: Okezone)  


JAKARTA - Keberadaan para Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kerap merepotkan Pemprov DKI Jakarta. Pasalnya, mereka kerap melakukan tindak kriminal dibalik rasa kasian yang mereka "jual" di jalanan.

Agar dapat menyelesaikan masalah tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan pihaknya menggandeng Polda Metro Jaya untuk mengatasi masalah ini.

"Selama ini jujur saja, yang mengelola PMKS bukan orang bodoh, ini orang pintar. Nah dengan adanya  seperti ini, kita kasih pesan, bahwa kami ini serius , dan pihak kepolisian akan mem-backup habis, kami juga akan menyediakan pengacara, untuk siapa saja. Yang mau menggugat, kami akan aktif menggugat mereka, jadi beda kalau dulu kan pemda jarang menggugat orang," kata Ahok di Balai Kota, Senin (29/9/2014).

Karenanya, dalam menindak PMKS, Pemprov DKI tak hanya menampung mereka di Dinas Sosial, melainkan langsung diserahkan pada polisi.

"Nah habis itu kita akan bawa ke polisi nih. Karena disitu ada pernyataan tertulis dari Dinas Sosial, kalau mereka balik lagi, dia itu melakukan penipuan, melanggar pidana, jadi kita tidak mau gunakan Tipiring (tindak pidana ringan) tapi langsung kita tindak ke tindakan penipuan dan kita akan lapor polisi untuk langsung ditangkap. Karena orang yang biasa balik-balik ini bukan orang dagang nih, bukan orang susah, tapi buat bangun rumah biasanya," terangnya.

Ahok menyatakan, langkah hukum itu dijalankan itu sebagai efek kejut yang dilakukan Pemprov DKI yang bekerjasama dengan polisi. 

"Ini kasih pesan saja, karena kan biasanya orang itu maunya digertak dulu, kalau misalnya sudah enggak bisa digertak lagi kita tangkap-tangkapin lagi," kata Ahok.


(crl) 


Sumber: http://jakarta.okezone.com/read/2014/09/29/500/1045732/ahok-ancam-penjarakan-pengemis-di-jakarta 
http://www.arusmerahputih.org/