Rabu, 30 Juli 2014

Berpeluang Dampingi MK, Alex Diharapkan Jadi Ahoknya Sumbar

Senin, 28 Juli 2014 | 03:18

Alex (Baju Kotak-kotak) ketika mendampingi Presiden terpilih Jokowi 
BentengSumbar.com --- Ketua DPD PDI-P Sumatera Barat Alex Indra Lukman disebut-sebut punya peluang untuk menjadi pendamping H Muslim Kasim maju pada Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Sumbar 2015. Peluang itu terbuka lebar, setelah beberapa tokoh dan LSM di daerah ini dikhabarkan sedang melakukan lobi tingkat tinggi agar Alex mau mendampingi H Muslim Kasim. Alex Indra Lukman pun diharapkan mampu menjadi Ahoknya Sumatera Barat. 

Ketua Tim Investigasi Lembaga Swadaya Masyarakat Majelis Masyarakat Anti Koropsi (LSM Mamak), Djamalus Datuk menyarankan agar Muslim Kasim maju di Pilgub Sumbar 2015 mendatang  berpasangan dengan anggota DPR RI terpilih dari PDI-Perjuangan, Alex Indra Lukman.

"Alasan ambo, karena setahu ambo, satu-satunya wakil kepala daerah di Sumbar yang mendukung Jokowi-JK yang diusung PDI-P, Nasdem, PKB dan Hanura, hanya pak Muslim Kasim," kata Djamalus Datuak, Minggu dinihari (27/7).

Menurut Djamalus Datuak, kalau Muslim Kasim dipasangan dengan para kepala daerah di Sumbar, boleh dikatakan tak layak dan pantas karena berdasarkan cacatan LSM Mamak, hampir semua kepala daerah di Sumbar ini bermasalah. "Semua temuan LSM Mamak, ada yang telah dilaporkan ke KPK dan Jaksa Agung, ada juga yang data kasusnya sedang dibahas dan dilengkapi. Yakinlah, semua kasus-kasus KKN semua kepala daerah itu akan kami bongkar," kata pengusaha rumah makan ini.

Kemudian, kata Djamalus, Alex Indra Luman benderanya sudah jelas, yaitu PDI Perjuangan dan masih muda dan belum bermasalah, apalagi kini kader PDI Perjuangan Jokowi merupakan capres terpilih berdasarkan data KPU yang telah di umumkan, 22 Juli 2014 lalu. "Kalau Muslim Kasim dipasangkan dengan Alex, ambo yakin tim Jokowi akan mendukung langkah calon gubernur Sumbar mendatang," tambahnya.

Khusus untuk Alex, yang bersangutan memang merupakan warga keturunan Cina, tapi Alex beragama Islam atau mualaf. "Jadi kini mari kita perkuat ukhwah Islamiyah dengan Alex sesame orang Sumatera Barat dan ambo yakin pasangan Muslim Kasim dengan Alex bakal dapat dukungan pula dari pengusaha Cina, seperti Pak Sofyan Winandi dan Sumadi Gunawan bosnya Incasi Raya," kata Djamalus Datuak lagi.

Yang perlu jadi cacatan, tambah Djamalus Datuak, masa pendukung Alex di kawasan Pondok dan warga keturunan di Payakumbuh, Padang Panjang, Bukittinggi, serta ditambah dengan kader PDI Perjuangan se Sumatera Barat, akan ikut mendukung. "Khusus pendukung Alex, kalau disuruh memilih A, pasti akan memilih A dan fakta ini bisa saja dilihat dari fakta hasil pemilu dan pilres," ujarnya lagi.

Berpolitik di Era Reformasi sekarang ini, tak ada salahnya juga kalau orang Sumatera Barat membuat kejutan dengan memperlihatkan kepada anak bangsa di nusantara tentang kerukunan antar etnis. "Kalau Alex sudah jelas agamanya Islam dan berbeda dengan Ahok yang non Muslim," kata Djamalus Datuak lagi.(BY/Bijak)