Jumat, 18 Juli 2014

Konsultan asing runtuhkan nasionalisme Prabowo

Reporter : Saugy Riyandi | Kamis, 17 Juli 2014 03:30
 

Konsultan asing runtuhkan nasionalisme Prabowo
Prabowo. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
 

Merdeka.com -
Merdeka.com - Calon presiden Prabowo Subianto diduga memakai konsultan politik asal Amerika Serika, Rob Allyn dalam pemilihan presiden 2014. Hal tersebut berbanding terbalik dengan nasionalisme yang sering diucapkan Prabowo demi meraih simpati rakyat Indonesia.

"Saya kira hal itu namanya 'menepuk air di dulang, memercik ke muka sendiri'. Saya kira politik tuduh-menuduh dan fitnah perlahan mulai terkuak. Dan saya kira perlahan ketahuan mana capres yang jujur dan mana yang cuma jargon. Munculnya Rob Allyn meruntuhkan apapun jargon yang diungkap Prabowo - Hatta . Ternyata ada penggunaan konsultan asing," ujar Pengamat politik dari Universitas Nusa Cendana Kupang, NTT, Rudi Rohi saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (16/7).

Menurut Rudi, keberadaan Rob Allyn di politik Indonesia hanya membuktikan dua hal. Pertama, ada pihak yang menggunakan konsultan asing, yang tak pernah bermaksud meningkatkan kualitas demokrasi Indonesia, namun sekedar berkepentingan bagaimana memenangkan kliennya.

"Rob itu kan tak pernah berpikir bahwa selesai pilpres, rakyat Indonesia harus menyulam lagi solidaritas dan kebersamaan yang sempat agak robek karena proses pilpres yang panas. Dia cuma berpikir apapun akan dilakukannya agar kliennya menang," jelas dia.

Kedua, keberadaan Rob Allyn sekaligus membuktikan bahwa pemilu Indonesia tak steril atau tak berangkat dari spirit kewargaan bangsa Indonesia.

"Seandainya saya jadi capres, spirit saya kan sebagai warga bangsa. Kalau saya serahkan spirit itu ke konsultan asing, pemilu kita banyak direkayasa dengan spirit asing. Misalnya bagaimana popularitas capres dibangun dengan pola dan trik bernuansa asing. Ini yang saya sangat sayangkan," kata dia.

Sebelumnya, Rob Allyn akhirnya mengakui bahwa dirinya memang membantu Prabowo - Hatta dalam proses pilpres 2014. Namun, dia menolak telah menjadi 'otak' dibalik kampanye hitam atas Jokowi . Dia mengaku hanya membuat konsep iklan televisi Prabowo yang efektif berbasis riset yang baik. Dia bahkan mengklaim bahwa dirinya terlibat membantu Jokowi di Pilgub DKI Jakarta pada 2012.
Baca juga:
4 Sinyal kubu Jokowi, partai pendukung Prabowo bakal merapat
Laporan dana kampanye Prabowo 10 halaman, Jokowi 1.008 lembar
Rob Allyn, konsultan asing Prabowo bicara soal kampanye hitam
Di lima TPS ini Prabowo dapat suara nol
Pakai konsultan asing, nasionalisme Prabowo dipertanyakan